Video_ LM Bariun: Progres Penggunaan Anggaran Ada di Gugus Tugas Covid 19 Sultra

110x ditonton ♦ 14 April 2020
Lulo Pedia 100 subscibers

Lulopedia.id, Kendari – Pemerintah pusat menginstruksikan semua daerah yang ada di Indonesia untuk melakukan pemangkasan anggaran guna pencegahan dan penanggulan warga yang terdampak covid-19.

Hal itu telah direspon eksekutif dan legeslatif sultra sepakat mengalokasikan anggaran 300 miliar rupiah dari pemangkasan anggaran pendapatan dan belanja daerah guna pengadaan alat kesehatan dan penanggulan warga yang terdampak covid-19. Tak hanya itu pemerintah provinsi dan dewan juga menyiapkan dana cadangan sebesar 500 miliar rupiah.

Pakar hukum tata negara Sultra, Bariun saat ditemui di ruang kerjanya pada hari Minggu 12 april 2020 mengatakan antara eksekutif dan legislatif merupakan bagian dari pengambil keputusan dalam menentukan suatu kebijakan sehingga pembahasan anggaran 300 miliar rupiah dan dana cadangan 500 miliar rupiah dalam pencegahan dan penanggulan covid-19 telah dirapatkan sebelumnya bersama eksekutif dan legislatif.

Ia menambahkan, Gubernur Sultra telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sehingga pelaksanaan teknis di lapangan dengan anggaran yang telah disiapkan merupakan tanggung jawab gugus tugas dengan melibatkan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial

Nantinya penggunaan anggaran ini akan dievaluasi oleh Dprd Sultra dengan memanggil gugus tugas dan instansi terkait dengan melakukan hearing bersama sejauh mana progres penggunaan anggaran yang telah disiapkan.

Ia berharap ditengah pandemi covid-19, saatnya kita saling bahu membahu agar secepatnya bisa keluar dari bencana ini.

Laporan:: hardiyono zimani