Video Inovasi Disdukcapil Kota Kendari, Dokumen Kependudukan Bisa Dicetak Sendiri di Rumah

Belum ditonton sejak 7 August 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, MASYARAKAT KINI TAK HARUS LAGI KE KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL UNTUK MENCETAK DOKUMEN KEPENDUDUKANNYA. PASALNYA DUKCAPIL KOTA KENDARI MEMBERI KEMUDAHAN KEPADA MASYARAKAT BISA MENCETAK DOKUMEN KEPENDUDUKAN SENDIRI DARI RUMAH.

HAL INI MERUPAKAN SALAH SATU INOVASI PEMBERIAN PELAYANAN YANG CEPAT DAN EFESIEN KEPADA MASYARAKAT SERTA MENCEGAH TERJADINYA PENUMPUKAN WARGA DI KANTOR DUKCAPIL SAAT PANDEMI COVID-19 INI.

KEPALA DINAS DUKCAPIL KOTA KENDARI, ASNI BONEA MENGATAKAN MASYARAKAT DAPAT MENCETAK DOKUMEN KEPENDUDUKANNYA SENDIRI DARI RUMAH, YANG SEBELUMNYA TELAH MENGAJUKAN PERMOHONAN DOKUMEN SECARA DARING ATAU ONLINE MELALUI NOMOR KONTAK PETUGAS DUKCAPIL YANG TERSEBAR DI SELURUH KECAMATAN DI KOTA KENDARI. NANTINYA SETELAH DIPROSES DOKUMEN TERSEBUT DIKIRIM MELALUI SOFT FILE DENGAN FORMAT PDF KE EMAIL MASING-MASING PEMOHON.

UNTUK ITU, DOKUMEN DAPAT DICETAK MENGUNAKAN KERTAS HVS A4 80 GRAM, SEJAK TANGGAL 1 JULI 2020, BERDASARKAN PERMENDAGRI NOMOR 109 TAHUN 2019 TENTANG FORMULIR DAN BUKU YANG DIGUNAKAN DALAM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SEPERTI KARTU KELUARGA, SURAT PINDAH, AKTA KELAHIRAN, AKTA KEMATIAN, AKTA PERKAWINAN DAN KEMATIAN.

SEDANGKAN UNTUK KARTU TANDA PENDUDUK ATAU KTP, PENCETAKANNYA MASIH DILAKUKAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL.

SEMENTARA ITU, UNTUK PENCETAKAN KTP, DUKCAPIL KOTA KENDARI MENGHABISKAN 150 SAMPAI 200 KEPING BLANKO KTP PERHARINYA, YANG DIDOMINASI PENCETAKAN KTP BARU YANG MEMASUKI USIA 17 TAHUN DAN PERGANTIAN STATUS BAGI YANG SUDAH MENIKAH ATAU TELAH BERCERAI.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA.TV MELAPORKAN DARI KENDARI, SULAWESI TENGGARA.