Video Desa Laloika dan Wonua Monapa Menjadi Lokasi Banjir Terparah di Konawe

Belum ditonton sejak 21 July 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers
  • LULOPEDIA.TV – KONAWE, Sebanyak 16 dari 29 Kecamatan di Kabupaten Konawe terendam banjir. Desa Laloika dan Wonua Monapa di Kecamatan Pondidaha menjadi lokasi banjir terparah di Konawe dengan ketinggian air mencapai 2 hingga 3 meter.

Menurut data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pertanggal (20/7/2020) untuk Kecamatan Pondidaha sendiri terdapat 10 desa yang terdampak banjir. Diantaranya, Desa Laloika, Wonua Monapa, Ahuawatu, Sulemandara, Lalonggotomi, Belatu, Amesiu, Mumundowu, Ambulanu, dan Kelurahan Pondidaha.

Dari pantauan awak media, untuk ke lokasi tersebut haruslah melewati 3 titik jalan yang tergenang banjir hingga ketinggian lutut dewasa. Adapun jika ingin menelusuri kedua desa tersebut harus menggunakan perahu/katinting.

Sekretaris Desa Laloika, Agus Tisna, menuturkan telah sebulan desanya terdampak banjir. Dikatakannya, banjir di wilayah laloika bersumber dari luapan sungai Konaweeha selama musim penghujan. Adapun warga setempat kini mengungsi di 3 tempat, yakni balai desa laloika, gereja, dan rumah kerabat terdekat yang tidak terdampak banjir.

Adapun Suharmin, warga desa Wonua Monapa menjelaskan hingga kini ketinggian air di wilayahnya telah mencapai 3 meter hingga ketinggian atap rumah.

Demikian, Ulul Azmi, Kontributor LuloPedia.tv melaporkan Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.